16 December 2019

Electronic Stability Program (ESP), Fitur Penyelamat di Mobil Anda

Electronic Stability Program (ESP), Fitur Penyelamat di Mobil Anda

Tingginya angka kecelakaan di jalan raya yang berdampak fatal bagi pengemudi, penumpang dan pengguna jalan lainnya membuat sejumlah produsen mobil semakin menaruh perhatian untuk mengembangkan fitur-fitur keselamatan. Pada hampir seluruh mobil keluaran terbaru yang dijual di Indonesia telah dilengkapi dengan berbagai fitur keselamatan baik pasif maupun aktif.

Fitur keselamatan pasif merupakan pasif merupakan fitur keselamatan yang akan bekerja untuk melindungi penumpang setelah terjadi benturan. Contoh fitur keselamatan pasif yaitu SRS Airbag, sabuk keselamatan dan rangka body mobil.

Sementara itu fitur keselamatan aktif merupakan fitur keselamatan yang bekerja untuk menghindari atau meminimalisasi terjadinya sebuah kecelakaan. Salah satu fitur keselamatan pasif pada mobil Suzuki yang sangat vital adalah Electronic Stability Program (ESP). Meskipun fitur yang satu ini sudah cukup terkenal, namun tak sedikit konsumen yang belum mengetahui cara kerja fitur keselamatan ini pada kendaraannya.

Electronic Stability Program (ESP) akan membantu pengemudi dalam mempertahankan kontrol kendaraannya dalam kondisi cuaca yang buruk ataupun pada saat melakukan manuver mendadak (darurat) sehingga mencegah terjadinya oversteer atau understeer. Ketika sistem mendeteksi salah satu roda kehilangan traksi karena permukaan jalan yang licin maka pengereman akan dilakukan pada roda yang kehilangan traksi tersebut dan tenaga mesin secara otomatis akan direduksi dan disesuaikan agar pengemudi dapat tetap mendapatkan control kendaraannya. Sistem ESP akan bekerja bersama ABS untuk mengatasi selip di jalan licin.

%d bloggers like this: