24 September 2019

Inilah Sejumlah Tanda Ban Mobil Sudah Harus Diganti

Inilah Sejumlah Tanda Ban Mobil Sudah Harus Diganti

Ban merupakan salah satu komponen vital bagi sebuah mobil. Bukan hanya sebagai komponen penggerak namun juga mempunyai peran vital untuk menjaga keselamatan anda saat berkendara, kenyamanan penumpang, serta tingkat kehematan bahan bakar. Oleh karena itu kondisi ban harus mendapatkan perhatian khusus dari para pemilik mobil. Ban termasuk komponen fast moving artinya ban merupakan komponen yang harus rutin diganti karena memiliki masa umur pakai / tanggal kadaluarsa. Lalu apa saja tanda yang menjadi indikator ban harus segera diganti? Berikut ulasannya:

1. Ban Sudah Berumur Lebih Dari 3 Tahun

Rata-rata ban memiliki masa waktu pakai sekitar 3 tahun. Komponen utama ban yaitu karet yang memiliki sifat lentur. Kelenturan/elastisitas karet akan berkurang seiring bertambahnya usia pemakaian ban sampai akhirnya menjadi getas karena sudah kehilangan kelenturan sama sekali.

2. Jarak Tempuh Sudah Mencapai 40.000 km

Meskipun usia ban belum sampai 3 tahun, ban juga sebaiknya diganti ketika telah digunakan lebih dari 40.000 km. Walaupun kelenturan masih bagus, ban yang sudah menempuh jarak jauh akan mengalami keausan.

3. Ketebalan Tapak Ban Sudah Mencapai Batas TWI

Tiap ban mobil akan diberi indikasi TWI (Tread Wear Indicator). TWI merupakan batas keausan ban yang diizinkan untuk tetap dipakai, dan kalau kembang ban sudah menyentuh segitiga TWI, ban sudah harus segera diganti.

Ada 2 posisi indikator TWI pada ban, yaitu di bagian tepi ban dan satu lagi di tengah telapak ban. Untuk di tepi akan tampak segitiga kecil di area bawah kembang ban, sedangkan yang di tengah telapak ban berupa tonjolan yang tak sampai setinggi kembang ban.

4. Ban Gundul

Selain beberapa kondisi sebelumnya yang bersifat standar umum dari pabrikan ban, ada satu lagi kondisi yang menyebabkan ban harus segera diganti, yaitu ban gundul. Ban gundul walaupun hanya di tengah, sedangkan di bagian tepi kembangnya masih bagus, sebaiknya ban harus diganti. Ban gundul sangat berbahaya juka tetap dipakai karena berpotensi besar pecah saat kendaraan sedang digunakan serta traksi antara ban dengan permukaan jalan tidak maksimal sehingga mobil akan mudah selip atau tergelincir terutama saat hujan.

5. Ban Ada Benjolan

Benjolan pada ban juga tanda ban harus segera diganti. Benjolan pada ban adalah pertanda adanya anyaman benang atau kawat penguat konstruksi ban yang putus. Kalau sudah terjadi benjolan, itu artinya ketahanan ban sudah tidak sama. Ban akan lebih mudah pecah karena ada beberapa bagian ban yang tidak lagi kuat menahan tekanan udara.

%d bloggers like this: